DLHK Kukar Bagikan Truk Sampah ke 20 Kecamatan

10 / 100

KUTAI KARTANEGARA – Untuk mengatasi permasalahan sampah di Kecamatan, Pemkab Kutai Kartanegara membagikan kendaraan pengangkut sampah di 20 kecamatan. Sebanyak 13 unit kendaraan pengangkut sampah kepada perwakilan Kecamatan se-Kabupaten Kukar belum lama ini

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK Kukar, Irawan mengatakan, distribusi kendaraan pengangkut sampah tersebut menyasar sejumlah kecamatan di Kukar.

“Ini sudah sesuai harapan Pak Bupati, yang menginginkan masalah sampah selesai di Kecamatan. Karena mereka tahu persis wilayahnya,” kata Irawan, Kamis (4/4/2024).

Irawan mengatakan dengan truk pengangkut sampah ini diharapkan permasalahan sampah dapat langsung ditangani masing-masing kecamatan.

Dia menjelaskan pada APBD Perubahan 2023 lalu, DLHK Kukar telah melakukan pengadaan kendaraan pengangkut, pembersih, hingga penyedot sampah. Diantaranya 5 unit dump truck sampah, 4 unit Arm Roll, 5 unit kendaraan Compactor, dan 1 unit kendaraan Road Sweeper. Hanya saja, sejumlah kendaraan tersebut diperuntukan di wilayah Kecamatan Tenggarong.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kutai Kartanegara (Kukar) mulai mendistribusikan kendaraan operasional pengangkut sampah pada tahun ini.

Pada 2022 lalu, Pemkab Kukar telah mendistribusikan 13 unit kendaraan pengangkut sampah di sejumlah kecamatan. “Tahun 2024 ini kami akan mengadakan beberapa unit untuk mem-back up alat angkut di beberapa kecamatan,” kata Irawan.

Dia menjelaskan, Pemkab Kukar menargetkan armada pengangkut sampah tersebar di 20 kecamatan. Salah satunya mobil penyapu jalan atau Road Sweeper yang digunakan di kawasan jalur protokol.

“Kemarin sudah kita uji cobakan, kalau Road Sweeper kita tidak gunakan tiap hari tapi saat kondisi tertentu saja,” jelasnya. (ADV/DISKOMINFO KUKAR)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker