Cegah Kebakaran Saat Ramadhan, Disdamkar Kukar Patroli Keliling

KUTAI KARTANEGARA –  Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar Matan) Kutai Kartanegara giat melaksanakaan patroli dan memberikan peringatan kepada warga untuk ikut mencegah terjadinya kebakaran selama Bulan Suci Ramadhan.

Patroli keliling tidak hanya dilakukan di Kota Tenggarong.  Namun dilakukan petugas dinas kebakaran di tingkat kecamatan atau Posko pemadam kebakaran didaerah.

Kepala Disdamkar dan Penyelamatan  Kukar Fida Hurasani mengatakan bahwa patroli keliling dan memberikan imbauan melalui pengeras suara kepada masyarakat ini adalah kegiatan rutin yang akan terus dilakukan Disdamkar dan Matan.

“Sama seperti tahun lalu, kami akan melakukan patroli dan memberikan imbauan pada jam-jam tertentu. Langkah ini dilakukan agar masyarakat selalu waspada. Mengingat selama Bulan Ramadan, ada perubahan kegiatan di masyarakat. Jangan sampai ada kejadian musibah kebakaran di kawasan pemukiman masyarakat,” kata Firda, Senin (11/3/2024)

Menurut dia, Bulan Suci Ramadhan secara tidak langsung merubah pola hidup masyarakat. Sebelumnya bangun jam 6 lalu memasak. Berubah menjadi bangun lebih dini dan memasak.

“Nah perubahan-perubahan ini harus selalu diingatkan. Jangan sampai ada ibu-ibu yang ketiduran saat menyiapkan makan sahur. Atau ada ibu-ibu lupa sedang memasak saat membeli makan berbuka puasa,” kata Fida.

Dia berharap seluruh masyarakat bisa semakin waspada terhadap bahaya kebakaran dengan memperhatikan sumber api. Seperti kompor atau alat elektronik lainnya yang dapat menjadi sumber penyebab kebakaran.

“Terutamanya saat akan menyiapkan makanan sahur atau berbuka puasa. Sebab, di waktu ini, sering membuat kita lalai atau lupa. Untuk itu, kami akan melakukan patroli dan imbauan kepada masyarakat selama Bulan Puasa Ramadan,” tegasnya.

“Alhamdulillah Ramadhan 2023, khusus di Kecamatan Tenggarong kita berhasil wujudkan zero kebakaran di bulan Ramadan. Meskipun ada kejadian satu atau dua kebakaran di kecamatan lain,” jelasnya. (ADV/ DISKOMINFO KUKAR)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker