Aktivasi IKD di Kukar Ditargetkan 50 Ribu

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabuoaten Kutai Kartanegara menjadi salah satu daerah yang melakukan percepatan proses aktifasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang bakal menggantikan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) fisik.

Sebagai upaya percepatan aktivasi IKD di Kutai Kartanegara, Disdukcapil Kukar menargetkan 50 ribu jumlah aktivasi IKD di tahun 2024 dan Kepala Disdukcapil Kukar M Iryanto berharap hal ini bisa didukung dengan kemudahan aktivasi yang sudah bisa dilakukan di 20 Kecamatan.

IKD merupakan data kependudukan versi digital yang diakses melalui smartphone, namun untuk menggunakannya masyarakat harus melakukan aktivasi terlebih dahulu dengan didampingi petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). “Kami targetkan 50 ribu aktivasi IKD tahun 2024 ini. Andai sistem aktivasi IKD dari pusat sudah bisa menggunakan teknologi Face Recognition (FR) maka sangat dimungkinkan targetnya bisa menembus 100 ribu IKD,” kata Iryanto Selasa (11/6/2024).

Ditemui diruang kerjanya Iryanto mengatakan bahwa upaya untuk percepatan telah dilakukan Disdukcapil agar pelayanan aktivasi IKD ini bisa mudah diakses oleh masyarakat, diantaranya dengan sistem pelayanan jemput bola ke desa dan kelurahan yang ada di Kukar.

Untuk aktivasi IKD terus berjalan, saat ini juga leading se-Kaltim, kalau presentasenya sudah 19 persen dari target tahun 2023 yakni 20 ribu orang lebih. Alhamdulillah kami mau coba lagi percepatan di 2024, supaya lebih banyak lagi yang sudah bisa diaktivasikan. “Kita sudah sampaikan ke masyarakat, bahwa pelayanan aktivasi itu bisa dilakukan di Kantor Camat. Pokoknya datang bawa handphone minta aktifkan itu aja, karena belum ada cara yang lain yang lebih cepat selain cara tersebut,” kata Iryanto.

Hal ini merupakan satu terobosan bagi Disdukcapil Kukar dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat Kukar, apalagi yang berada dikawasan kawasan 3 T. “Alhamdulillah warga yang berada dikawasan 3 T cukup terbantu, jika sebelumnya mereka harus menunggu 2-3 hari saat ini kurang dari dua jam urusan mereka sudah selesai,” jelas Iryanto.

Ini merupakan salah satu terobosan dari proggram Kukar Idaman yang berkomitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat Kukar. “Untuk aktivasi IKD ini kalau di kabupaten lain justru masyarakat harus ke Disdukcapil sementara kalau di Kukar selain ke Disdukcapil, masyarakat bisa mendatangi Mall Pelayanan Publik (MPP), juga ada bisa dilakukan di 20 kantor camat se-Kukar,” tegas Iryanto.

“Lebih mudah, tidak harus ke Disdukcapil, mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaatkan kemudahan tersebut, yang suatu saat pasti dipakai. Saat ini kan baru tahap transisi saja makanya belum terlalu diketatkan penggunaan IKD,” kata Iryanto. (ADV/DISKOMINFO KUKAR)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker