Pencapai Target RTH Samarinda, Ini Penilaian Anggota Dewan

4 / 100

SAMARINDA – DPRD Samarinda telah mengesahkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Samarinda periode 2022-2042. Namun, RTRW masih menimbulkan perhatian. Karena tidak secara jelas menyebutkan target pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Samarinda.

Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Anhar menilai seharusnya dalam RTRW tercantum target yang akan dicapai Pemkot Samarinda untuk memenuhi ketersediaan RTH di Samarinda. Saat ini, ketersediaan RTH di Kota Samarinda jauh di bawah standar nasional. Yaitu kurang dari 30 persen dari luas wilayah. Ini sesuai ketentuan Pasal 29 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

“Makanya sampai sekarang masih banjir. Bagaimana tidak, dalam pemanfaatan lahannya saja masih banyak tidak sesuai,” terang Angar.

Anhar meminta Pemkot Samarinda mematuhi ketentuan pemenuhan RTH sesuai Undang-Undang. Ketersediaan RTH sangat mempengaruhi berbagai kegiatan di masa depan. Dan rencana pembangunan 20 tahun ke depan akan mengacu pada RTRW ini.

“Jika tidak dikelola dengan baik, ketersediaan RTH di Kota Samarinda dapat semakin tergerus. Dan konversi lahan RTH ke penggunaan lain, seperti perumahan, dapat berpotensi menjadi penyebab banjir di kota ini.  Jangan sampai banyak lahan RTH beralih fungsi jadi kawasan perumahan atau semacamnya,” tandas Anhar. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker