Pamsimas 2024 Muara Kaman Bukti Nyata Komitmen Pemerintah

KUTAI KARTANEGARA – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2024 di Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, menjadi bukti nyata komitmen pemerintah meningkatkan kesejahteraan warga.

Dengan fokus pada penyediaan air bersih, program Pamsimas tahun 2024 diharapkan dapat mengatasi permasalahan dihadapi beberapa desa, yang masih kekurangan akses air bersih.

Camat Muara Kaman Barliang, menegaskan bahwa Pemerintah Kecamatan tidak akan berhenti berupaya hingga seluruh warga dapat menikmati air bersih.

“Kami sudah membangun tandon air dan sekarang tengah berupaya menyalurkan air bersih ke setiap rumah warga,” ujar Barliang, Kamis (14/3/2024).

Program Pamsimas diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Terutama dalam hal kesehatan. Program pamsimas ini dinilai akan mampu mengurangi risiko penyebaran penyakit di masyarakat.

“Dengan adanya akses air bersih yang lebih baik, kami berharap dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit dan meningkatkan standar hidup masyarakat,” kata Barliang.

Pemerintah Kecamatan Muara Kaman berkomitmen untuk terus memantau dan memastikan bahwa program Pamsimas dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

“Kami ingin program ini tidak hanya sebagai penyediaan air bersih, tetapi juga sebagai langkah awal untuk pembangunan yang lebih berkelanjutan,” kata Barliang.

Dia menyebut, pembangunan yang berasal dari Pemkab Kukar sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti infrastruktur jalan, peningkatan penunjang sektor pertanian dan perikanan serta bidang lainnya.

“Semua sudah terpetakan, pembangunan mana yang menjadi kewenangan kabupaten, pemcam dan Provinsi,” ungkapnya.

Untuk pembangunan yang bersumber dari Pemprov Kaltim sudah dirasakan perbaikan jalan poros menuju Muara Kaman, dan kemungkinan akan berlanjut terus perbaikannya. “Bisa kita lihat, semenisasi sudah sampai simpang Sebintulung,” jelasnya.

Untuk program kemitraan bersama Kodim 0906/Kukar juga berjalan dengan baik, hingga program berkelanjutan, pengembangan kawasan pertanian yang terintegrasi, sehingga menjadi lumbung pangan. Karena sebagian desa di Muara Kaman, unggul disektor pertaniannya.

“Bahkan akan dilakukan lagi, pengembangan kawasan pertanian unggulan di Muara Kaman,” ungkap dia. (ADV/ DISKOMINFO KUKAR)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker