Komisi IV Minta Pusat Cepat Tangani Kasus Gagal Ginjal Akut

4 / 100

SAMARINDA – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sani Bin Husain meminta pemerintah pusat mesti cepat mencegah kasus gagal ginjal akut misterius. Jangan sampai membuat masyarakat resah.

“Mereka (Pemerintah Pusat) memiliki semua perangkat dan sumber daya. Segera ambil komanda, dengan langkah yang jelas dari pusat sampai ke daerah,” tandas dia beberapa waktu lalu.

Paling tidak, kata dia, ada dua hal yang harus segera mereka lakukan. Pertama, secara medis melakukan penelitian, kenapa bisa terjadi kasus gagal ginjal akut tersebut. Dan, penelitian harus dilakukan oleh berbagai pihak, agar hasilnya valid.

Kedua, kata dia, negara memberikan jaminan keamanan warga. jangan selalu menyalahkan warga. “Kita ada BPOM dan Kementerian Kesehatan. Negara harus hadir melindungi warganya. Tenaga kesehatan mesti diberi daftar obat yang perlu diwaspadai. Mereka juga mesti diberikan petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis yang jelas,” ungkap dia.

Dia mengatakan bahwa daerah biasanya hanya menunggu intruksi dari Pemerintah pusat. Tetapi, kondisi saat ini luar biasa. Karena membuat warga panik. Termasuk warga Kota Samarinda.

“Saya sarankan Dinas Kesehatan meminta arahan Wali Kota Samarinda, agar mengeluarkan rekomendasi sesuai perkembangan terbaru. Sehingga tenaga kesehatan dan Dinkes bisa menyikapi kondisi terkini kasus gagal ginjal akut tersebut. Semoga kasus itu tidak terjadi di Kota Samarinda,” ucap dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker