Kapolres Intruksikan Tilang Pelanggar Lalulintas Malam Idul Fitri

4 / 100

SAMARINDA– Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ari Fadly menginstruksikan jajarannya melakukan tindakan tilang bagi warga yang tidak mengindahkan imbauan pelaksanaan takbir keliling di Kota Samarinda pada malam Perayaan Idul Fitri.

Tindakan tilang tersebut ditujukan bagi warga yang kedapatan menggunakan mobil bak terbuka untuk mengangkut orang.

“Kami sudah berikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling pada malam perayaan Idul Fitri. Jika itu terjadi, maka kami akan persuasif menanganinya. Kami akan minta putar balik kendaraanya. Sementara kendaraan yang digunakan akan langsung kami tilang,” kata Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadly usai memimpin upacara gelar pasukan pengamanan Hari Raya  Idul Fitri  di Mapolresta Samarinda Minggu (1/5/2022) sore.

Pemerintah sudah menginstruksikan bahwa kegiatan takbiran keliling tidak dibenarkan. “Kami di lapangan bertugas untuk menjalankan instruksi pemerintah tersebut,” ucap dia.

Dia menjelaskan sesuai UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan angkutan jalan dinyatakan bahwa kendaraan pick up atau bak terbuka dilarang untuk angkutan orang. Kalau melanggar, maka bisa dikenakan sangsi tilang.

“Kami minta petugas dilapangan tegas melakukan pengamanan malam perayaan Hari Raya Idul Fitri, malam ini atau malam besok sesuai keputusan pemerintah,” kata Ary Fadly.

Sementara itu, untuk pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri di Kota Samarinda, Polresta Samarinda telah membuat beberapa Pos Pengamanan pada jalur mudik tahun ini. Pos akan diisi personil gabungan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Pos pengaman ops ketupat Mahakam 2022 akan didirikan pada jalur mudik tahun ini, tidak ada penyekatan seperti tahun sebelumnya, namun mari kita saling menjaga untuk tetap patuh prokes menjaga kesehatan keluarga di kampung halaman,”  kata Ary Fadli. (maman)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker